Pusat Studi Wanita Unika SOEGIJAPRANATA

PUSAT STUDI WANITA

Jl. Pawiyatan Luhur IV/1 Bendan Dhuwur Semarang 50234
Telp. 024 - 8441555 Fax. 024 - 8415429, 8445265

Pusat Studi Wanita Unika SOEGIJAPRANATA

Pusat Studi Gender (PSG) STAIN Pekalongan
2011-01-13 09:34:09
Nama lembaga :
Pusat Studi Gender (PSG)  STAIN Pekalongan
Contact Person
Triana Sofinani
Alamat
Jalan Kusuma Bangsa No. 9 Pekalongan
Email
psgstainpkl@yahoo.co.id
Telp
0285-412575



Sejarah / Latar Belakang



Pusat Studi Gender (PSG) STAIN Pekalongan berdiri sejak tahun 2000 dengan SK Ketua STAIN No. st/23/k-0/PP.03.1/234/2000. Kelahirannya bermuara pada keinginan dan kepedulian civitas akademika STAIN Pekalongan untuk mendorong pendidikan, pengkajian, penelitian dan program pengabdian masyarakat yang berperspektif gender. STAIN Pekalongan sebagai salah satu Perguruan Tinggi merasa terpanggil untuk ikut aktif mensukseskan pragram pengarustamaan gender (PUG) dalam pembangunan Nasional di lingkup akademisi dan masyarakat pada umumnya. Rendahnya pemahaman konsep dan persoalan  gender dan nuansa kesenjangan gender dalam masyarakat, menjadikan  PSG STAIN Pekalongan, sebagai pusat kajian yang berperspektif gender, memiliki komitmen untuk berupaya mensosialisasikan serta merealisasikan kesetaraan dan keadilan gender melalui berbagai kegiatan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan. kajian dan penelitian, serta pengabdian masyarakat.Pada awal berdirinya PSG masih merupakan bagian struktural dari Unit Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (P3M) STAIN Pekalongan. Sejak  tahun 2003, yaitu sejak kepengurusan periode II (2003-2005) PSG STAIN Pekalongan berubah menjadi lembaga non- struktural, dan  langsung di bawah ketua STAIN Pekalongan.


Dalam kepengurusannya, PSG STAIN Pekalongan telah mengalami 5 kali pergantian. Pertama periode kepengurusan tahun 2000-2003; kedua, periode kepengurusan tahun 2003-2005; ketiga, periode kepengurusan tahun 2005-2007; keempat, periode  kepengurusan tahun 2007-2009 dan ; kelima, periode kepengurusan tahun 2009-2011.





Banyak program yang telah dilakukan oleh PSG STAIN Pekalongan dalam kurun waktu lima periode terssebut. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain: Diskusi , seminar, pelatian, penelitian, publikasi dan advokasi.  Diskusi tentang kajian-kajian gender, menjadi acara rutinitas para dosen setiap bulan, Talk Show “Women Issues” di  Radio BSP FM Kota Pekalongan juga menjadi agenda acaara tiap hari Jumat bagi para dosen, penerbitan buletin berperspektif gender juga diadakan setiap tiga bulan sekali dan lain-lain. Mulai periode ke-4, Perempuan Pekerja Sanggan Batik Kota Pekalongan menjadi masyarakat dampingan PSG STAIN Pekalongan. Kegiatan yang telah terlaksana pada masyarakat dampingan ini, antara lain: pelatihan life skill menjahit tingkat dasar yang bekerjasama dengan Pemkot Kota Pekalongan dan Pengajian rutin setiap bulan dengan mengintegrasikan  antara agama dan tema-tema gender. 
Visi
Terwujudnya Pusat Studi berbasis pada nilai-nilai Islami yang berkeadilan dan berkesetaran Gender
Misi
Mewujudkan kesetaraan dan keadilan gender berbasis nilai-nilai Islam di masyarakat dan mendorong upaya pemberdayaan perempuan melalui Tri Dharma Perguruan Tiinggi yang meliputi: pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.
Tujuan
1 .Mengembangkan kajian keilmuan Islam berpersppektif gender.


 2. Meningkatkan pemahaman masyarakat tentang persoalan gender.


3.Melakukan pemberdayaan , pendampingan dan penguatan kapasitas perempuan dalam upaya mewujudkan KKG
Kegiatan-kegiatan

Penelitian
Program Penelitian dilakukan dalam upaya mengekplorasi isu-isu gender yang semakin komplek, sehingga hasilnya bisa dijadikan sebagai rujukan untuk merencanakan program selanjutnya. Program ini, di dukung dengan berbagai kegiatan pelatihan baik bagi dosen dan mahasiswa  yang berperspektif gender.



Penerbitan
Penerbitan adalah sarana sosialisasi dan publikasi mengenai temuan-temuan hasil penelitian dan kajian-kajian mengenai isu-isu gender.  Penerbitan berupa Buletin, Jurnal dan Bunga Rampai.



Pendidikan
Program ini mengkaji secara kritis konsep dan teori yang disinergikan antara  persoalan das-sein dan das-sollen dalam bentuk diskusi, seminar, lokakarya, temu ilmiah, workshop dan lain-lain.



Pengabdian
Program ini berupa penyadaran masyarakat akan kesetaraan dan keadilan gender melalui dialog, talk show di Radio, pemberdayaan perempuan melalui program PKHP, advokasi masyarakat binaan,  penguatan hak-hak politik kaum marginal dan lain-lain



Kerjasama
1. Kerjasama dengan Instansi Pemerintah
     Kerjasama yang sudah terjalin dengan instansi pemerintah, antara lain meliputi:  Ditpertais DEPAG RI, Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan, PSG/W di lingkungan PTAI se-Indonesia, PSG/W dilingkungan PT se-Jateng, Lembaga Kemahasiswaan, Pemerintah Kota/ Kab. Se eks karesidenan Pekalongan, KPU Kota Pekalongan dan Pemerintah Propinsi Jateng (BP2AKB dan Biro PP).

2. Kerjasama Masyarakat Basis dan NGO
         Kerjasama yang sudah terjalin antara lain dengan: LSM PEKKA, Insist Yogyakarta, Komnas Perempuan dan beberapa LSM yang konsern terhadap gender dan perempuan.     
Kerjasama juga  terjalin dengan organisasi kemasyarakatan dan keagamaaan, organisasi mahasiswa dan  organisasi perempuan seperti: IWAPI, Aisyah, Muslimat dan Fatayat NU, PMII, HMI, SIGMA, dan lain-lain. Beberapa Majelis Taklim juga  menjadi mitra, misalnya: MT Gamer, MT Nur Hidayah. Begitu juga dengan  Radio BSP FM Kota Pekalongan.
Struktur Ogranisasi

Pelindung
Ketua STAIN Pekalongan
Ketua
Shinta Sofiani SH MH
Sekretaris
Triana Sofiani, SH MH
Bendahara
Esty Zaduqisti, Sag, Mpsi
Divisi Pendidikan
Ahmad Jalaludin M.Ag
Divisi Pengabdian
Dra. Rita Rahmawati, M.Pd
Penelitian
Abdul Aziz M. AG
Penerbitan
Muhandis Azzuhri LC,